Sabtu, 28 Januari 2012

Phuket Tour by Travel (Flash Back)


Petualangan budget travel saya dimulai dari perjalanan ini..
cerita 3thn yg lalu (thn 2008), saya masih buta dengan jalan-jalan plesir low budget.

alesan menggunakan jasa tour 'angin dunia' alesannya :
1. belum ada penerbangan Jakarta Phuket direct spt skrg
2. belum terbiasa bikin ittinerary


Well apa saja yang saya dapatkan dengan $749/org cuma ke phuket doang?
1. Airlines CKG SIN dengan SQ, SIN PHK dengan SilkAir (saya sblm-nya cek online harga tiket pp CKG SIN HKT kurang lbh USD1200an *ngga masuk akal bgt ya harganya :()
2. Hotel Holiday Inn Busarkorn Wings Studio Room (yang kalo saya cek online harga USD170an)
3. Airport transport
4. Pha Nga Bay tour by local travel bluesea.
5. Include makan 3x sehari (BF di hotel)

sebenarnya kita saving banyak jika dibandingkan dengan yang seharusnya kita bayar, tapi untuk ukuran sekarang seperti-nya terlalu over banget karena sudah ada airlines murah yang menawarkan tiket dengan harga yang jauh lebih murah tapi dengan pelayanan yang minim juga.

lanjut dengan cerita tour,

- hari ke1 :

perjalanan dimulai dari SHIA menuju Changi dengan menggunakan pesawat SQ airbus yang cukup besar, yang pasti setiap penerbangan Jakarta Spore dengan SQ favorit saya salmon fillet & mash potato..sedap!
transit di changi tidak cukup lama hanya sekitar 1.5jam saja, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan pesawat SilkAir. SilkAir ini seperti citylink-nya SQ, pesawat yang dioperasikan lebih kecil dan biasanya melayani rute2 yang bukan dari/ke capital city. Menurut saya silk air bukan termasuk budget airlines, karena di pesawat silk air ini disuguhkan makan dan standard pelayanannya masih SQ banget lah, hanya saja pesawatnya lebih kecil.
oh ya, selama perjalanan CGK-SIN-PHK kita makan besar 2x lho, di pesawat SQ dan SilkAir.
sesampainya di phuket langsung dijemput oleh local travel agen yg bekerja sama dengan travel agen di indonesia. Di tengah perjalanan dari airport menuju Hotel Holiday Inn, abang tour guide-nya mengajak makan siang di salah satu warung di tepi jalan. Tempat makannya seperti warung tegal gitu klo disini, tidak begitu bagus tetapi menyajikan menu Halal, buat yang aware makanan halal, local travel ini sepertinya recommended.
oh ya,selama perjalanan si abang tour guide menawarkan paket nonton simon dan phuket funtasea. Berhubung turis baru pun kita iya iya ajah..padahal yah setelah turun kelas jadi turis semi backpacker-an, harga yang ditawarkan itu publish rate dan pastinya bisa ditawar2 1/2-nya.
then sampailah kita di hotel-nya..jreng..jreng..




Hotel-nya OK bgt, lokasinya madep 'pathong beach' banget, pathong beach itu klo di bali kaya pantei kute-nya lah. Studio room busarkorn wing-nya keren kaya gini, ngga mewah2 banget tapi cukup nyaman dan spacious, view-nya kolam renang, hotel's amenities-nya merk red earth.
Abis naroh barang di hotel, lanjut nyobain thai massage di oriental de phuket atas rekomendasi di abang tour guide. Tempatnya ok, kebanyakan turis jepang dan korea yang langganan disini jadi untuk price ya little bit pricey.
setelah leyeh2 di hotel sebentar, lanjut ke phuket funtasea, phuket funtasea ini semacam night theme park. Yang pasti wajib dikunjungi, saya membeli voucher dari si abang travel kurang lebih Rp 750.000,-/org include dinner *dinner paket tour hangus deh * (seperti yg sudah saya ceritakan sebelumnya saya tidak menawar, harusnya bisa ditawar half price). phuket funtasea seru buat pepotoan, dekorasinya meriah dan banyak lampu jadi semarak. Tujuan utama di phuket funtasea ini liat pertunjukan drama musical yang dimainkan oleh orang dan berbagai macam binatang namanya fantasy of the kingdom fantasy cultural show di place of the elephants theater, bercerita tentang legenda kamala beach. Pertujukannya baguus menurut saya, wajib ditonton. Pertunjukan ini memiliki jadwal pertunjukan, jadi waktu kedatangan harus disesuaikan. Berhubung kita datangnya rada pagian jadi makan malam dulu di Golden Kinnare buffet resto yang super gede bernuansa kuning keemasan, resto ini lebih mirip ballroom dengan jumlah kursi ribuan dengan efek awan dilangit-langitnya, beberapa petugas berpakaian traditional thai, menurut saya yang dijual disini adalah susasannya, untuk makannya sih so so tapi sebagai turis musti kudu kesini lah. then setelah pertunjukan legenda kamala beach, sambil nunggu jemputan, jalan2 di carnival village shopping street, sempet ngeborong beberapa crystal bentuk gajah di Yyara shop. Lanjut jalan keliling ngeliat macan putih di tiger jungle adveture, macannya di dalam kandang yang bisa kita lihat dari kaca dan beberapa hewan lainnya. Setelah puas muter-muter dan mobil jemputan sudah datang, kembali ke hotel dan istirahat, karena besok pagi pha Nga bay tour.

hari ke 2 :

pagi-pagi jam8 sudah dijemput salah satu provider tour di phuket, ceritanya si abang bluesea itu begitu nyampe kemarin udah ngasih stiker dan voucher tour, nah si provider itu mengenali kita dari stiker yang kita tempel di baju.
perjalanan dari phuket menuju pha nga sekitar 2jam perjalanan darat. Pha Nga ini propinsi lain di sebelah utara Phuket. Dalam perjalanan dari Phuket menuju Pha Nga, sempat mampir ke Suwannakuha Temple, exloring budha cave, salactit, stalagmit, Relining Budha Statue dan Monyet-monyet yang bekeliaran diluar cave. Dari situ perjalanan dilanjutkan ke tepian pantai, tempat speed boat merapat, dan perjalanan exploring Pha Nga Bay National Park dilanjutkan, awalnya kita menyusuri seperti sungai berawa2 berawarna coklat dan hutan bakau dikanan kiri, sampai akhirnya kita melihat gugusan pulau-pulau berbentuk gunung batu, melewati cave di salah satu pulau, dan akhirnya ketemu juga deh tuh James Bond Island, gw pikir ky gmn gitu james bond island, dasar katrok dan ngga googling jadilah sayah kecele, oalah batu kecil gini doang, tempat syuting bang james, yo wislah sudah kadung, dinikmati sajah, eh tapi aslik stalagtin dan stalagmit-nya keren bgt, trus ada ky tembok batu gitu keren... Menurut saya tour ini lumayan santai dan ngga menguras tenanga, ngga ada kegiatan yg berhubungan dengan fisik lah hihihihi.. Puas foto2 di James Bond Island, perjalanan di lanjutkan ke Koh Panyee Villange, perkampungan ini merupakan moslem fishing villange, mereka bukan tinggal di suatu pulau tapi diatas air mereka membangun rumah panggung dari kayu, unik sih perkampungan ini, disini kami makan siang, menunya yang pasti seafood dan sayuran. Dari Koh Panyee speed boat menuju dermaga dan perjalanan tour pha nga bay berakhir. Selanjutnya kembali ke Phuket dan di tengah jalan dijemput oleh abang-abang travel agen yang kemarin.
selanjutnya pengalaman cukup 'aneh' di mulai, Gems Gallery Phuket, aselik big no no, ngga recommend dan jangan takut say no! awalnya kita diajak masuk ke gems gallery yang cukup gede, trus nonton film pendek tentang gems, di lanjutkan ke toko, dooh maaf gusti dan misua, berhubung saya masih udik dan belom kenal toko emas di cikini yang lucu-lucu with reasonable price, beli lah sayah oleh-oleh 2 bijik liontin saphire+diamond sekecil ujung kuku aja ngga ada, harganya jangan ditanya, bayar-nya susah payah mesti tlp beberapa kali konfirmasi ke kartu kredit, udah susah bayar masih nambah lagi liontin ruby+diamond yg agak gedean dikit..dikit bgt. susah lagi bayarnya mesti bolak balik call ke cc di indonesia, ampun ndoro. Dan setelah gw sadari, semua total difect disana kalo dibeliin berlince di cikini skrg bisa dapet kali liontin impian gw yang belom kebeli sampai skrg, dan yang paling males bgt bgt, tuh tour guide dapet 30% dari total belanjaan, misalnya kita belanja 10jt, berarti 3jt buat tour guide, untung di gems brp ya? mungkin harga yang bener-bener pantas emang cuma 10% dari harga jual.
selanjutnya ngga begitu aneh, Pornthip sea store, pusat oleh-oleh khas thailand, phuket khususnya, kebanyakan kerupuk dan snack seafood olahan. Harganya jangan ditanya pastinya mahal, curiga dapet jatah jg nih si tour guide *wink , baru nyadar knapa ngga beli oleh-oleh di lotus tesco , carrefour, giant, ato apalah supermarket di phuket, pasti jual snak khas dengan harga yang lebih wajar.
lanjut perjalanan paling dan super aneh, madu bo! aselik aneh banget, jadi tuh abang tour ajakin kita ke tukang madu, engko-engko cina totok kayanya dari malay, lmy faseh bahasa melayu, mak..dimasukin dalam ruang kelas trus tuh engko jelasi tentang madu-maduan, yg gw tangkep cuma 1, gmn cara bedain madu aseli dan engga, ternyata caranya tingga ditetesin sedikit di piring trus dikasih air digoyang-goyang, klo misalnya ngebentuk kaya sarang tawong, artinya itu madu aseli. *thanks for the explanation, mister...tp akhir2nya jualan madu yang harganya bisa sampai 1jt lbh, ampun deh ya, di indonesia jg banyaaak banget kali madu, dan ngga mungkin dunk travelling niat banget bawa oleh2 madu, yang menurut gw juga ngga terkenal kali tuh madu phuket, masih mending madu sumbawa lbh nge-hits. Kita mencoba menolak dengan halus tapi muka tuh engko udah berubah banget deh. Maaf ya ko, bukannya ngga mau beli, salahkan tour guide yang sembarangan ngajak orang ke toko engko.
Dari madu seharusnya masih ada satu itinerary lagi ke coconut plantation, ky ride an elephants di plantation itu, entahlah alasan apa si abang guide membatalkan, huh payah, curiga krn gw ud kadung beli tiket simon kabaret sama die yang ngga ditawar itu (banyak jg ya untungnya si abang tour guide). Lanjut pulang ke Hotel, mampir dulu makan di salah satu rumah makan dekat hotel, makan malam gratis karena sudah include paket tour.
Leyeh-leyeh, mandi langsung cabs ke simon cabaret show, seinget saya HTM-nya Rp 500.000,-/org (tp saya cek per 2012 kok cuma 800THB, sekitar 240.000IDR), stress kalo inget harga, kynya travel agen beneran panen ketemu turis ndeso seperti saya. Simon Cabaret Show ini cabaret show-nya tiffany-tiffanynya phuket. Bagus dan wajib ditonton, udah sampai thailand mesti liat tiffany show dunk. Si Mbak Bro cantik-cantik banget, kalah deh wanita aseli plain tanpa make up seperti saya. Show-nya sendiri kurang lebih 1.5jam, sangat meriah dan efek-efeknya canggih, mungkin karena mereka show setiap hari jadi terlatih. Setelah show, penonton diperbolehkan foto bersama para mbak bro artees, dan tentu saja harus nyawer minimal 20THB. Fun sih karena belum pernah nonton cabaret show sebelumnya.
Dari simon, kami balik ke hotel dan mencoba menyusuri sepanjang phatong beach yg selama di phuket belum kami nikmati, makan di salah satu cafe yang ngadep phatong beach banget, ngga jauh dari holiday inn, rasanya cukup tasty dan harganya ngga mahal.

- Hari ke 3

Bangun pagi langsung siap-siap karena flight pagi PHK-SIN, transit di changi sempat belanja (lagi) *salahkan SQ harus transit di Sincapo. Balik ke Jakarta dengan hati senang tapi dompet terkuras. 

Pesan Moral :
  1. paket tour selalu disisipin hal-hal 'aneh' yang kadang annoying, tp itu bagian dari subsidi dari sponsor-sponsor itu.
  2. Jangan malu untuk say no, jika memang tidak tertarik untuk membeli
  3. Jangan mudah tergoda jika diajak ke toko perhiasan
  4. Jangan lupa cek dan ricek mbah google mengenai tujuan wisata kita.

Have a nice trip...












Tidak ada komentar:

Posting Komentar