Sabtu, 28 Januari 2012

Cheap Phuket Holiday


Setelah cerita tentang Phuket 1 a free and easy tour, sekarang ceritanya ke phuket lagi tanpa tour alias nyusun2 sendiri itinerary-nya. buat saya lebih menarik pastinya karena jadi mau ngga mau mempelajari tentang phuket dan apa saja yang bisa dilakukan disana.

well, ceritanya saya the lucky one krn dpt tiken Rp 0,- nya airasia
jadi saya dapat tiket Rp 185.000,- return/org.
tiketnya gratis Rp 0,-, 185rb itu airport tax di Thailand.
jadi total airline transport yang saya keluarkan Rp 185.000 + Rp 150.000 (Indonesian Tax) = Rp 335.000,-/ org return
(tips : subcribe email alert airasia dan apply cc hsbc airasia *optional krn biasanya bisa membeli 1hari lbh awal, harus niat cari tanggal satu2 jadi harus pny waktu luang, klo saya biasanya lgsg cek hari jumat s/d senin selama tgl promosi, tp biasanya weekday lbh bny yg murah)

untuk urusan hotel low budget saya suka dengan ibis by accor hotels, menurut saya harganya masih masuk akal, sy anggota a-club yang rajin ngumpulin poin dan yang pasti kebersihan dan kenyamannanya terjamin.
ada 2 hotel ibis di phuket, Ibis Pathong dan Ibis Kata. Saya memilih Ibis Pathong karena lokasinya di phatong beach, lebih ramai karena banyak tempat makan, tempat pijet dan tempat shopping. Untuk daerah Kata beach jg ngga kalah serunya, tp disana relatif lebih tenang dibanding Pathong beach, klo dianalogikan Pathong itu seperti Kuta, Kata itu mungkin lbh mirip Sanur beach.
Untuk 4D/3N saya pendapat price THB 3418.56 (1THB = 300IDR), jadi sekitar Rp 1.025.568, atau sekitar Rp 341.856,- (murah kan..)
*harga ini tidak termasuk makan pagi,salah satu tips hemat adalah mengambil hotel room only (imo) krn biasaya hrg BF sekitar 75rb/org, bisa makan yg lbh enak dan tidak membosankan bukan dengan budget segitu :D

airport transfer di Phuket kami naik taxi airport transfer, mobilnya camry jadi agak lumayan mahal sekitar THB 650 (Rp 195.000,-) tp masih OK lah karena mobilnya bagus, drpd rempong juga naik van yang mesti turun di tiap hotel :D *agak ngga irit yg ini, gpp lah tiket airlines-nya gratis ini :D
kalo mau irit dengan van sekitar THN 200/org (Rp 60.000,-)
pesan sponsor : jika menggunakan taxi meter dari airport, si supir pasti menghentikan disalah satu tour agen, dengan alasan tertetu, yang jelas seorang dari tour agen tsb akan mendatangi anda di dalam mobil dan menawarkan paket tour spt phiphi island, pha nga bay ato krabi tour. mereka menawarkan dengan iming2 diskon,tp tolong di tahan2 untuk tidak membelinya ya..krn di sepanjang bangla road, banyak sekali penjual tour dengan harga yang jauh lebih murah (50% lbh murah dari tour agen tsb)
untuk airport transfer di Jakarta, kami pelanggan setia Laks transport, golden bird-nya gamya. menurut saya mobilnya nyaman, harganya rasional, kalo macet ngga ada cost tambahan dan sudah include tol), harganya sekitar Rp 150.000,- untuk mobil nissan livina/inova.

day by day in phuket.

Day 1,

hari pertama karena sampainya sore, dan beberapa tempat hiburan seperti Simon Cabaret dan Phuket Funtasea sudah pernah kami kunjungi jadi kami hanya bersantai2 saja di daerah pathong beach.

Lunch di Rat U Thit Road (Seafood No.9)
*ngga jauh dari jangcylon mall/hotel millenium.
menunya :
Tom Yum Seafood THB 150
Pork Yellow Curry THB 150 *recommended (ehmm maaf non halal)
Rice THB 20
Thai Ice Tea 60THB
(makanan untuk ber2, total THB 380/Rp 144.000,-; mahal ya..sepertinya makanan di sepanjang Rat U thit itu harganya turis banget; Rat U thit jalan menuju pantai pathong ramai dengan penjual makan, tempat pijat dan penjual souvenir, mirip jalan pantai kuta di bali)

Jalan2 di Jangceylon, mall di Rat U Thit Road, yang waktu pertama kali ke Phuket ngga sempat saya kunjungi. Jangceylon ini diambil dari nama kapal besar, jadi ngga heran kalo ada kapal di dalam mall tsb, mallnya cukup bagus, konsepnya seperti mall PVJ ato ciwalk di bandung. Di mall ini banyak jg dijual sovenir thailand yang menurut saya harganya masih masuk akal untuk ukuran Phuket (di Bangkok jauh lbh murah, krn barang2 didatangkan dari bangkok), daripada toko souvenir di Pasar Phuket yang menawarkan harga ngga masuk akal mending yg fixed price saja. Sovenir di Jangceylon biasanya sekitar 100THB bisa dapat 3-4barang.

Jalan kaki menyusuri Rat U thit Road, Bangla Road dan Pantai Pathong.
seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, untuk paket tour seperti PhiPhi Island tourPha Nga Bay (James Bon Island)Tour atau krabi tour  disarankan membeli package tour di sepanjang bangla road. Saya membeli paket tour Phi2 Island tour by Angel Sea Blue Group, disebuah agen kecil di depan Family Mart namanya NHM Pueng Travel Phuket dengan harga THB 1000/pax (Rp 300.000,-) *publish rate 1800/pax. Paket tour phi2 island yang saya pilih ini dengan menggunakan speed boat, ada juga dengan menggunakan kapal besar, dengan harga yang lebih murah, namun jumlah orang dalam kapal itu jauh lebih banyak, spot yang dikunjungi lebih sedikit dan jalannya kapal pelan :D

Bangla Road ini jalan kecil diseberang Jangcylon Mall, banyak terdapat club2 malam disini dengan pertunjukan2nya (hihihihi, sy ngga kesana kok :D), ujung bangla road ini pathong beach. jadi sembari menyusuri bangla road kita bisa bertemu dengan pathong beach yang terkenal itu. kalo mantai2 gitu duduk2 sambil liat org maen layang2,maen air ato duduk2 sambil ngemil2 ud berasa seneng dan ngga berasa ud gelap aja. 

jalan kaki sepanjang jalan Rat U thit, Bangla Road dan Pathong beach pp lumayan bikin pegel, jadilah kami putuskan untu Thai Massage di Oriental de Phuket again, ya again karena sebelumnya waktu ke Phuket kita sudah pernah kesini..alesannya karena lokasinya dekat hotel dan tempatnya paling bersih di sepanjang jalan rat u thit, kali ini cuma 1jam karena sudah malam dan full, kebanyakan turis jepang dan korea yg sudah booked sebelumnya. Harga Thai Massage THB350 (Rp 105.000,-) *mahal ya... (krn besoknya saya coba di sovrana spa yang jauh lebih enak dan murah, ada product2nya body treatment-nya)

seger abis massage, jadi laper..makan dulu deh di emperan seberang oriental, makananya ngga recommended deh, biasa aja plain tp harganya ngga murah jaga, menu yg kami pesan :
pork green curry THB 80 (upz, maaf lagi2 non halal)
peneaple fried rice THB 120
pat thai THB 50
spring rol THB 80
mineral water THB 20
sigha THB 60 (beer brand thailand, buat yg suka coba2 local brand beer boleh jg dicoba)
(makan ber2 total THB 410 / Rp 123.000,- *tiket&akomodasi boleh irit, klo makan susah nih, semua dipesan :D)



Day 2,

hari ini kegiatannya Phi Phi Island tour,
dimulai pagi hari kami sudah siap di lobby hotel jam 7.45, dan kami dijemput van dari travel agen (hrg tour termasuk antar jemput hotel), van ini menjemput di beberapa hotel jadi diharapkan siap on time.
setelah van terisi penuh perjalanan dilanjutkan ke boat lagoon marina, di dekat phuket city, sebelumnya saya sempat sarapan roti THB35 (IDR10.500) disana (maklum room only jadi mesti cari sarapan sendiri).

spot2 yang disinggahi Tour Phi Phi Island by speed boat:

Maya Bay
maya bay ini salah satu spot yang beken banget pantainya ngga terlalu besar, tp airnya masih jernih banget banget biru..wuih keren banget deh..lokasinya agak masuk diantara pulau bebatuan itu, jadi ombaknya relatif kecil, airnya hijau kebiruan jernih dan tenang. Teman saya ada yang pernah coba camping di maya bay, tampak menarik kalo ramai2 ya, tidur di pinggir pantai..hmmmm

loh samah bay itu spot untuk snorkel, buat yg suka snorkel pasti nyemplung, alat2nya sudah all ini dalam paket tour.

Pileh Lagoon
lagoon itu seperti danau dipinggir laut, yang pasti indah sekali dan airnya masih bening. disini salah satu spot snorkling juga.

Viking Cave
viking cave ini hanya numpang lewat saja, jadi gua tempat orang2 membangun 'nest' dibawah semacam gua, diatas air, dibawah pulau batu.

Monkey Beach
pantai di pulau2 kecil tp disini ada monyetnya hihihi...saya sih takut sama monyet, takut dihinggapin dan di cakar *lebay

Phi2 Island
setelah melewati beberapa spot akhirnya sampai juga di phi phi islan, pulau ini sepertinya pulau terbesar diantara pulau2 kecil lainnya, disini lebih ada kehidupan, terdapat beberapa resort, restaurant dan pasar yang menjual souvenir

Lunch @ Tonsai bay
Lokasinya masih di sekitar phi2 island, sebuah restaurant pinggir pantai. Makanannya all u can eat, dengan menu spaghetti, mix vegetable, chicken drum, tuna, tom yam & steam rice, dan air mineral.
makannya FOC karena sudah include dalam paket tour (not bad lah..)

Khai Nai Island
Kha Nai Island ini pemberhantian terakhir dan cukup lama disini, mungkin 1jam lebih, jika kami ingin duduk2 di kursi di pantai dengan kursi dan payung kami harus menyewa kursi (yup menyewa jadi ngga gratis), biayanya THB 150/2 seat (Rp 45.000 untuk 2 kursi), mahal juga ya duduk doang aja bayar, klo mau gratis caranya, maen2 air aja dulu duduk2 di pasir, lama2 si emang2 pemilik kursi kan ngga ngeh, baru deh kita numpang2 duduk ya mang :D
diisin kita bisa maen2 kasih makan ikan, lucu bgt ikan dateng2 nyamperin kita..airnya super dupper jernih. wah keren abis deh pokoknya

Dari Khai Nai kita kembali ke dermaga di marina. kebetulan waktu tour phi2 island saya barengan dengan temen saya yang menggunakan kapal besar jadi saya lumayan bisa membandingkan, mereka jumlah spot-nya lebih sedikit, ngga pake acara jemur2an di tepi pantai lama2, apalagi acara nyebur kynya cuma sekali deh :D
jadi mendingan naik speed boat bgt deh, ngga mabok pula :D kapal gede kan lbh memabokkan.

baliknya kita dianter lagi ke hotel naik van, mandi2 sebentar (harus mandi lah...pliket banget kalo engga), lanjut jalan ke rat u thit road again :D
dan dinner di tempat yang sama hahahaha..abis enak beneran deh mskpn hrgnya agak2 ngga bersahabat :D
makan malam di Rat U Thit Road (Seafood No.9) -again-
ganti menu dikit2 jadi crab yellow curry (mahal deh nih crab-nya) THB 300an :( *ngga nemu nih referensi yang THB 100an, Tom Yum THB 150 dan Steam Rice THB 20, Total THB 470 (IDR 141.000)


Day 3,

awalnya masih bingung mau city tour beli paket di pinggir jalan atau menggunakan jasa org indonesia yang memiliki travel disana. Setelah dipikir-pikir selisihnya ngga banyak dan lebih flexible, akhirnya diputuskan menggunakan jasa Pak Pandu (+66 873809066) Pemilik SeaBreeze Andaman Tour, Bapak ini beken lho di dunia perkaskusan. City tour THB 1200 (IDR 360.000). Ngga murah juga ya.

Rute perjalanan city tour

Karoon Beach View Point, good view point untuk liat pantai karoon dari atas.

Premptop Cape, bagian ujung phuket island, letaknya agak tinggi sehingga bisa liat 3 pantai di phuket, phatong beach, kata beach, karoon beach.

Big Budha, patung budha terbesar di atas bukit, dari sana kita bisa liat view phuket dari atas, patung ini dibangung dengan biasa swadaya dari masyarakat sekitar, terbuat dari marmer.

Desa Nelayan Mutiara, ky desa kecil gitu isinya pengerajin dan nelayan mutiara, mutiara di jual murah disini, tergantuk bentuknya juga sih, yang paling biasa harganya sekitar 100THB (IDR30.000)

Pornthip, toko oleh-oleh snack seafood, sudah pernah saya bahas pada perjalanan sblmnya.

Madunan T-shirt, pabrik tshirt dengan sablon tulisan phuket, bahannya lumayan harganya pun lumayan

Chalong Temple, temple terbesar di phuket

Lunch @ Tesco Lottus, di food court modelnya seperti di eat&eat di Gandaria City, jadi kita isi kartu sisanya dikembalikan setelah selesai makan. Makanan disini cukup murah rata-rata 50THB (IDR 15.000) menunya seperti nasi dang seafood, nasi campur, dll. 

selesai city tour dengan pak pandu, berhubung masih sore kita lanjut menyusuri pertokoan seberang pathong beach, dimulai dari gang dekat hotel, dan ngga sengaja nemu tempat pijit namanya sovrana, asli keren deh, enak pijetannya dan dia punya product, dan yang penting murah, pas banget pas ada promo happy hour, jadilah THB200 (IDR60.000) 1.5 hour traditional thai massage. Recommended bgt deh.

abis pijet, kita pensaran sama cerita pak pandu tentang lagu kebangsaan sebelom film di putar, kita lanjut ke Jancylon Mall, nonton di 21-nya THB 140 (IDR 42.000) untuk ukuran weekend kynya harganya masih standard jakarta. Beneran lho tapi begitu lampu ud mulai gelap, sebelum film diputer, mulai deh lagu kebangsaan thailand, dan semua penonton aslik berdiri aja gitu, dengering lagu kebangsaan dan nonton video raja&rakyat.

abis nonton kynya kaki berasa membesar, jadi beli crocs mc call winter idaman dulu di dept store di jancylon mall, lumayan harganya THB 1200 (IDR 360.000), klo di jakarta di dept store sekitar 450rban, mayan beda 90rb, tp klo mau lebih murah lagi disini

Jajan samcan bakar di bangla rd, Jajan pork buger di McD dan Burger King yang ngga mungkin ada di Jakarta, jajan swensen ice cream yang konon katanya di thailand lebih murah, lebih murah sedikit bgt sih, kisaran 20-30rb.


Day 4,

Bye Bye Phuket, pesawat pagi jam7, jam5 pagi pak pandu sudah stand by di hotel, untuk airport transfer THB600 ( IDR 180.000,-), agak mahal sih, tp sekali lagi males repot subuh-subuh. ya sudlah.

eh tapi kita bayar citytour + airport transfer THB2000, bapaknya ngga pny kembalian hihihi..ngga murah juga yaa :D



Jadi Total 4D3N di Phuket +/- IDR 4.312.500
Include : Tiket Pesawat, Hotel, Makan 3xSehari, Tour, Thai Massage 2x, Nonton
Exclude : Jajan kecil + oleh-oleh
Mungkin kalo all in termasuk jajan dan oleh-oleh sekitar 5jt pas...ngga terlalu mahal untuk having fun di negeri orang, dan much cheaper dari phuket escape sebelumnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar