Selasa, 12 April 2011

HOUSE OF SAMPOERNA

Hari ke2 di surabaya kebetulan hari Jumat, jadi jam istirahatnya lumayan panjang krn bapak2 harus solat jumat. Dari pada bengong, saya dan teman saya iseng2 ke house of sampoerna yang lokasinya tepat persis di seberang kantor telkom kebalen. pertama2 kami bingung, kok semua rumah seperti tertutup, ternyata kita memang harus membuka sendiri pintu-nya dan langsung disambung oleh petugas disana. saya sih suka membaca kisah2 sukses spt kisah pendiri sampoerna yang diceritakan di house of sampoerna ini, hebat sekali perusahaan ini sudah sejak 1913, berarti 2thn lagi akan berulang tahun ke 100 ya.. ruanganya di lantai dasar tidak terlalu besar, hanya seperti ruang tamu dan ruang keluarga saja yang digunakan untuk memajang koleksi peninggalan pendiri sampoerna dan kisah hidupnya.

selanjutnya kita lanjutkan ke lantai 2 rumah sampoerna ini, begitu kita sampai di anak tangga paling atas, disebelah kiri, kita langsung ternganga melihat ibu2 yang sedang meliting rokok dan packing rokok, omg..benar2 seperti robot gerakan tangan ibu2 itu..sangat2 terampil sekali dan benar2 seperti robot, cepat dan tepat! saya benar2 kagum sekagum2nya. sampai di bagian ujung ruangan ini ada kaca yg besar sekali, dari kaca itu kita bisa melihat bgmn pekerja sampoerna bekerja melinting dan packing rokok, ya Tuhan, ternyata bukan cuma ibu tadi yang seperti robot tetapi semua pekerja disini seperti robot gerakan tangan dan tubuhnya

di lantai 2 juga terdapat toko souvenir sawoong konsepnya soerabaia tempo doeloe, saya pun membeli tempelan kulkas soerabaia. di latai ini juga menjual batik madura dlm bentuk kain dan pakaian jadi, saya ingin membelikan satu untuk papa saya yang memang pecinta batik tapi ternyata ukurannya kurang beragam tidak ada yg big size. semoga saja waktu saya kembali sudah makin beragam koleksinya.


dari museum, kita sempet ngintip senbentar ke cafe house of sampoerna, cafe-nya ramai sekali dan sepertinya makannya beragam dan harganya terjangkau. rencananya saya dan teman saya ingin mampir kesana malam harinya tapi karena udah capek ya..rencana tinggal renana lain kali klo ke surabaya lagi :)


House of Sampoerna memberikan fasilitas SURABAYA HERITAGE TRACK Free City Sightseeing Tour, dengan naik bis lucu gitu bentuknya warna merah, duuuhh saya ingin sekali tapi karena meeting dan meeting jadi ingin tinggal ingin saja..next time deh...

malam harinya setelah selesai meeting, saya pulang kampung ke malang dan mampir makan malam di KEPITING CAK GUNDUL, klo ditanya rasanya sih, silahkan googling sendiri, sudah banyak yang mencoba dan memberika testimoni yang positif.. klo menurut saya pribadi sih, recommended dan must try, terutama kepiting asam manis-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar